Saturday, 31 December 2011

Ini Ceritaku Apa Ceritamu?


Cerita akhir taun 2011 :

Masih terngiang-ngiang masa 4 taun lalu, masa kejayaan gw dari zaman ababil (alias ABG labil) sampe jadi mahasiswa sejati. Banyak hal menarik, pengetahuan, pelajaran dan berbagai hal positif lainnya (yang gw mau ingat yang bagus2 aja). Kalo dituliskan dalam kata-kata mungkin ngak bakal kelar ne cerita, jadi gw tuangkan dalam poto2 aje, hehehe...(narsis mode on). Langsung aja ceritanya, cekidooooottt....

Tahun 2007

Tepatnya 3 September 2007 gw resmi diakui sebagai mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas Padang angkatan 2007 (lengkap cuy). Perasaan gw saat ntu biasa aja tuch...! (lain halnya kalo FK)


Auditorium UNAND, pertama kali gw liat umat manusia luar biasa banyaknya.


Di auditorium ne,  gw n ribuan mahasiswa baru lainnya mepet-mepetan saat akan diospek oleh senior (bantuak udang abuih : baun n angek). Penderitaan belum berakhir, masih ada lagi, yaitu mepet-mepetan di Bus Kampus. Kalo sudah sore, na'ujubile deh baunya. Nikmati aja...! Kalo naik bus 34, bapaknya slalu mutar musik rege yang bikin santai seperti di pantai. Bus favorit gw bus 10, why? (hahaha, adolah...)


Ntu sebagian kecil lingkungan kampus gw, lumayan besar lah, luar biasa besar mungkin, ntahlah... Lanjut ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Identik dengan warna kuning-kuning.


Kurang lebih 500 mahasiswa baru FMIPA terdiri dari 5 jurusan (Math, Kim, Far(sekarang udah out), Bio, Fis) berkumpul di lap.basket, siap di goreng (ospek diganti-bakti) sama senior, lenkap dengan atribut topi n scraf kuning pake tas kresek merah putih. Hoho...lautan kuning...hanguuuiiiiihhh


Next, Jurusan Matematika FMIPA UNAND. Identik dengan warna merah (ngak tau kenapa). Disini gw mengenal pelajaran math antah berantah (aljabar, analisis, statmat, kalkulus, fuskom, geo, de el el). Beda dengan math zaman sekolah dulu, parah parah...Nikmati aja, ntoh gw lulus juga, hehehe...


Disini, gw tergabung dalam angkatan 07 yang diberi nama McZoven (Math community Zero Seven, nama angkatan teraneh menurut gw) beranggotakan 60 orang lebih (udah ilang atu atu).
Sepanjang cerita, di foto ne gw baru nongol, hehehe... (Dimanakah gw berada?)


Cerita bermula saat gw kenal dengan yang namanya Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas (disingkat aje : HIMATIKA FMIPA UNAND). Awalnya gw kira biasa aja, nyatanya Weeeww... 


Di sekre kecil ini, semuanya ada (apa aja...??), hahaha...(susah diungkap dengan kata2, liat fato2 aja lah). Ini penyebab utama kenapa gw jarang pulang kampung...


Jadi anggota HIMATIKA tidak semudah yang dibayangkan. Butuh waktu 1 tahun untuk bisa lolos seleksi. Pembinaan mahasiswa baru HIMATIKA 2007 awal terbentuknya McZoven. Keliatannya ketawa, tapi sebenarnya menderita. Yah nikmati aja, hanya saya dan orang-orang di foto ne yang tau kenapa... Gw menamainya zaman penjajahan Belanda, liat foto jadulnya tuh... masih itam putih, hahahahaa


Anak baru harus pake pin dengan pita merah di krah baju, pake baju longgar, rok/celana dasar n nametag seragam warna merah (idiot begete lah). Yang di bawah ini menjelaskan model yang nge-tren saat itu di Jurusan Math, haha... (model by Ci Ap).


Dipenghujung tahun 2007 kite semue dibantai (dibina), wuaaaaa... Namanya BWMM (Bina Wawasan Mahasiswa Matematika). Pagi-pagi buta kumpul di lap.basket MIPA dan pulang bisa sampe jam 7 malam, ngapain aja? (seru-seruan lah pokoke). Ini inti masuk HIMATIKA ntu, cuma 4 kali dalam 1 bulan tapi lelahnya minta ampun, mantap lah...Senior selalu benar (pasal 1)...


Tahun 2008

Tahun ne adalah tahun terakhir pembinaan, senior mulai melakukan persiapan untuk pelantikan, Perang Dunia dimulai... Senior malah makin batariang...! Lihat ne, tampang-tampang yang akan dieksekusi.... hahaha.... Di daerah Batu Busuak tepatnya, kita pake baju seragam MIPA dijamua... anguuuiiihhh... Apa yang terjadi selanjutnya? (Hanya gw n orang-orang ne yang tau)


Gw ngak mau liatin foto-foto penjajahannya. Kita liat yang udah jadinya aja, alias akan dilantik, setelah ganti baju hitam putih... Makan bareng ne, seru...



Jreng jeng jeng.... Udah dilantik..... Semua yang hadir dinyatakan lulus sebagai anggota baru HIMATIKA angkatan 2007... Selamat selamat... Kurang lebih 1 tahun ditempa, akhirnya bebas juga. Batu Busuak tempat penderitaan terakhir. Akhir yang menyenangkan, why? liat aje ntu potonye...


Setelah pelantikan malah makin berat, kita harus mengangkat acara ini dan itu, perlengkapan ini itu, undang ini itu, de el el. Intinya kita semua harus kompak tanpa dikomando sama senior lagi... Acara pertama yang 07 angkat adalah acara syukuran wisuda. Ne spanduk pertama karya 07...


Ini sebagian kecil uda2 n uni2 senior math yang hadir saat acara syukuran. Dari angkatan 2002 ampe 2005 .(Ada yang mau bantu kasi tau siapa aje dipoto ni?)


Lanjut, 07 mulai masuk dalam kepanitiaan acara2 besar, salah satu acaranya adalah HGTS 3 (HIMATIKA Goes to School) ke Lb.Sikaping akhir tahun 2008. Gw masih ingat, waktu ntu gw panitia bidang konsumsi... (ujung2nye gw kagak kerja, hehe...maaf ya uda n uni). Gw malah kerja dengan tim soal, ntu mereka2 anggota tim soal, dan gw nongol disana, hehe


Foto panitia dengan kepsek SMA N 1 Lb.Sikaping. Disini, ada salah satu panitia yang baunye minta ampuuuuunnnn.... Yang bau angkat tangan? (atau sebaiknya angkat kaki aje...)



Tahun 2009

Tahun ne adalah tahun terakhir 07 mengangkatkan acara syukuran wisuda senior. Lumayan sukses, beberapa kali angkatan 07 mengangkat acara syukuran wisuda, sampai jatah angkatan 08 pun masih kita yang hajar...parah...


Tapi ini akhir yang bahagia karena mungkin ini acara syukuran yang paling meriah sepanjang yang pernah kita adakan... Apalagi ketua n sekretarisnya orang-orang aneh, hehe... (sorry, siapa kira2 yang aneh?)


Lanjut ke acara PSB 6 (Pekan Seni Bermatematika), gw panitia Kesekretariatan... Ni acara luar biasa  hebat menurut gw, begete (mantap lah, susah diungkapkan dengan kata-kata). Salut sama HIMATIKA bisa ngadain acara tingkat nasional ne...


Warna untuk PSB 6 adalah kuning. Bajunya keren, hitam + kuning...


Masih di tahun ini, gw diangkat sebagai pengurus HIMATIKA bidang Pembinaan Aparat dan Anggota divisi Pembinaan Mahasiswa Baru (Bid.1)... Awalnya kagak mau, tapi karena satu dan lain hal gw terima karena penghargaan gw terhadap seseorang... ya sudahlah


Dan sekarang giliran gw dkk yang mambantai anak baru math 09. Ini tugas pertama gw sejak dilantik sebagai pengurus HIMATIKA. Yang di bawah ne foto waktu PRMaMa anak 09 (math & siskomp). Lokasi di Mesjid Nurul Ilmi Unand.


Akhir taun, 07 yg punya neh... manntaffff... HGTS 4 ke Painan. Gw panitia Acara. Saat ntu gw lagi sakit parah-parahnye, mw gimana lagi, gw udah cinte mati ame HIMATIKA jadi, LANJUUUTTT.... Awalnya bagus dan berjalan lancar, tapi diakhir terselip berita duka dari SMA N 2 Painan...


Tahun 2010

Tahun ini adalah tahunnya angkatan baru 08 karena telah resmi dilantik dalam acara kemping (Kemah Bakti Sosial) HIMATIKA. Karena terlalu banyak parangai angkatan 08 baru disahkan masuk HIMATIKA tahun 2010. Dialog dengan kajur Math yang sangat peduli dengan himpunan, mantap pak...



Disini 07 harus memainkan peran ganda, kenapa? (susah dijelaskan dengan kata-kata, yang jelas capeknya doble...). Tapi berakhir juga setelah acara ini di daerah Gamaran Salibutan...


Agia towwi... Kegiatan selanjunya, adalah cengar cengir kuda, hahahaaaa.... Maksudnya, setelah berkegiatan kurang lebih 1 steng tahun skarang waktunya refreshing alias jalan-jalan. Ini 07 ke pantai Pariaman acara syukuran HGTS 4. Masih banyak yang lain, satu poto ne aje untuk perwakilan, hehe


PSB 7, jatah repotnya 07. Panitia inti 06, anak buah alias tukangnya 07. Gw menjabat sebagai Koordinator Bazar. Bazar gw kereeeeeeeeennn... Pokoke mantaf lah, ada yang bersedia menjelaskan? (gw kagak bisa merangkai kata, haha). Warna PSB 7 adalah cokelat (warna kesukaan gw)


Selesai PSB 7, gw dkk & senior2 masih sibuk ngurus pembinaan anak 09. Udah ampir setahun mereka di prapembinaan, sekarang waktunya merasakan pembinaan yang sesungguhnya. Yang repot disini bukannya anak baru, tapi panitia (wuaaaaaa..... sudahlah, gw lebih milih jadi junior daripada jadi senior. Cuapeeeeeekkkk).


Akhir kepengurusan gw harus tobat nasuha, masalahnya IP gw ancur lebur tahun ne gara-gara terlalu fokus ke himpunan. Apelagi tanggung jawab disana sini banyaknya minta ampuuun... (koor.asisten, ngajar, tugas kuliah, de el el). Belum lagi masalah angkatan 09. Selesai kepengurusan, gw putuskan untuk fokus kuliah dan Home Sweet Home (HIMATIKA) gw harus berpindah ke jurusan math. (maap adiak2 09, uni dk ikuik kemping kalian).

Tahun 2011


Mau gak mau gw harus comeback, bantu teman2 yang masih berjuang di himpunan untuk acara terakhir 07 yaitu PSB 8. Gw di kepanitiaan tim Seminar Nasional. Ntah apa yang mau diungkap, intinya gw capek sendiri... (tidak seindah yang dulu). Setidaknya masih bisa senyum. Warna PSB 8 adalah hijau....


Mungkin sudah waktunya regenerasi kale, sudah saatnya gw menikmati hari tua sebagai senior Matematika, hahahahahahaaaaa... (udah lanjut usia, hehe...). Dan yang harus difikirkan adalah masa depan...

Di tempat awal berkumpul, disana pula tempat terakhir berkumpul... Auditorium Universitas Andalas


Tepatnya 10 September 2011 gw bersama ribuan wisudawan/ti dari berbagai fakultasan mepet-mepetan lagi di auditorium UNAND untuk kegiatan yang satu ne...


Keliatannya ketawa tapi sebenarnya sedih mah cuy... Ya sutrahlah, ntoh semua yang namanya mahasiswa mengharapkan hal ini cepat terjadi...


Dan sekarang giliran anak2 muda ne angkatan 09 dibantu angkatan 2010 merayakan syukuran wisuda gw dengan teman2 yang lain. Perpisahan yang mantaf lah, setidaknya semua yang hadir bisa ketawa ketiwi kayak yang di foto ntu...


Semua adalah cerita dari sudut pandang gw, dan gw hanya ingin berbagi. 4 tahun ntu ternyata sebentar... Kepengen bisa kayak gini lagi...hehe (mana mungkin). Yah, inilah yang namanya cerita, haya untuk dikenang bukan untuk diulang...(cihuy cuy, hahahaaaaa)


Yach, ntu dulu cerita gw. Kalo ada yang mau menambahkan, silahkan buat cerita sendiri ye, karena Ini Ceritaku Apa Ceritamu? (Korban iklan, hehe), atau kasi kritik dan saran di kotak komentar. Kalo ada cerita lagi, insyaAllah kapan-kapan gw share... (Kapan gw ingat...hehehe). Tengkyuuuuu....bersambung

10 comments:

  1. wuaaaaaaaaaaa......
    bLog mu Lagi meL...
    bwt keTawa aJA bCanya...

    keren...keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheeee.... tengkyuuuu...
      inidah kalo gak da kerjaan,hihi
      btw kasi tau dunks sp namanya, biar seru...

      Delete
  2. ada photo gw itu yg gak nahann...
    Wkkwkwkwk... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poto lu dimana mana mami...
      paniang gw dek nyo...
      ckckckck

      Delete
  3. hahahaa....your story so fun sist :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelipur lara ntu mah chi, hehe
      uni tunggu carito chi bsk ko, okeh...!

      Delete
  4. hahaha,,,,,

    jadi ingek masa penjajahan ry,,,,,

    hmmmmm,,,,,,,,,,,,, :)

    mantabs,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa penjajahan belanda, hehehe
      tengkyu jeng mer...

      Delete
  5. heartbreaker...

    ReplyDelete
    Replies
    1. you gonna miss me when i'm gone...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
One Piece Logo One Piece Logo Blacy Smiley - Exciting