Sunday, 8 January 2012

Arsitektur Masjid Paling Unik di Dunia


Seperti diketahui, bahwa banyak sekali arsitektur masjid yang masih mempertahankan arsitektur peradaban asli suku bangsa setempat di dunia ini, disebabkan bangunan tersebut telah ada dan dibangun pada zaman awal masuk dan berkembangnya agama Islam. Berikut ada beberapa gambar bentuk masjid unik di dunia, cekidooooottt :

Masjid Agung Djenné, Afrika Barat


Pada mulanya masjid ini dibangun sepenuhnya dengan bahan tanah yang dikeringkan dengan matahari dan diplaster dengan tanah lumpur, dengan ketebalan dinding antara 41 cm dan 61 cm. Masjid ini dibangun pada abad ke-13. Dibangun ulang kembali pada awal abad ke-20 dan selesai sekitar 1909 dengan bantuan dan dukungan Pemerintah Perancis. Satu-satunya bagian asli bangunan yang masih dipertahankan adalah ruang dasar yaitu makam pemimpin-pemimpin lokal bangsa Djenné.

Masjid Agung Djenné adalah salah satu “Situs Warisan Dunia” yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1988″, yang dapat dikunjungi setiap saat, tetapi tidak dibolehkan memasuki bangunan kecuali anda Muslim. Masjid Agung ini ditutup untuk non-Muslim pada tahun 1996, akibat penembakkan salah seorang official fotografi majalah Vogue Prancis di dalam masjid.

Mesjid Agung Samarra, Irak


Masjid ini dibangun pada abad 9, diselesaikan dalam 52 tahun pada masa pemerintahan khalifah Abbasid Al-Mutawakkil dari 847 sampai 861. Tinggi menara yang terkenal dengan sebutan al-Malwiya adalah 52 meter dengan lebar dasar spiral menara 33 meter, dan dapat menampung delapan puluh ribu orang jemaah. 

Menara masjid yang berbentuk spiral, merupakan fitur pertama kali yang didaftarkan pada bangunan-bangunan bersejarah “Congregational Mosque” Al-Mutawakkil di Irak. Sayangnya, pada 1 April 2005, bagian atas Malwiya mesjid rusak oleh sebuah bom dalam peperangan infasi AS ke negara Irak.

Masjid Dublin, Irlandia


Masjid ini, dibuka pada tahun 1983, oleh sekelompok mahasiswa Islam yang tiba di Dublin pada awal tahun 1950-an dalam rangka belajar. Mereka merupakan Perkumpulan Masyarakat Islam yang pertama tahun 1959 di Dublin. Bangunan yang sekarang ini dulunya adalah sebuah rumah di South Circular Road, Dublin 8, yang kemudian difungsikan menjadi masjid serta sebagai pusat “The Islam Foundation” di Irlandia. 

Masjid Tooba, Pakistan


Masjid Tooba merupakan masjid yang berada di Karachi, Sindh, Pakistan. Masjid Tooba dibangun pada tahun 1969 dan mampu menampung sekitar 5 ribu jamaah. Masjid Tooba diklaim juga merupakan masjid terluas yang berbentuk single dome.

Mahligai Minang, Indonesia


Pemerintah propinsi Sumatera Barat, Indonesia ingin mewujudkan land mark baru selain jam gadang di kota Bukittinggi. Land Mark ini bernama “Mahligai Minang”. Ini adalah hasil karya arsitektur pemenang sayembara yang diikuti 323 arsitek dari sejumlah negara.

Mahligai minang tidak semata-mata sebuah masjid, tetapi sebuah identitas yang akan menjadi pusat peradaban, di mana salah satu bangunan utamanya adalah bangunan masjid. Perpaduan antara islam dan minangkabau, dengan melengkapi bangunan atau ruangan antara lain; ruangan atau bangungunan lembaga pendidikan seperti perpustakaan, tempat rekreasi keluarga sakinah, ruang serba guna yang menampung 3.000 orang yang bisa digunakan untuk seminar, pertunjukan kesenian, dan sebagainya.

Masjid merupakan bangunan utama Mahligai Minang. Mengambil dan mengaktulisasikan kembali seni dan arsitektur bangunan “minangkabau pada masa peradaban kebudayaan awal”. Seperti diketahui dalam sejarah kerajaan pagaruyung bahwa ada tiga fase atau gelombang peradaban kebudyaan yaitu :
  • Fase atau gelombang peradaban kebudayaan pagaruyung yang menganut agama hindu budha.
  • Fase atau gelombang peradaban kebudayaan pagaruyung yang menganut agama islam. 
  • Fase atau gelombang peradaban kebudayaan pagaruyung atau minangkabau saat ini


Masjid Agung Xi’an, Cina


Adalah masjid pertama di Cina pada masa dinasti Tang. Masjid ini dibangun selama kekuasaan Kaisar Xuanzong, 685-762. Kemudian Kaisar Hongwu dari Dinasti Ming merenovasi kembali masjid. Fitur yang penting dalam arsitektur ini adalah penekanan pada “simetris yang kontras” dengan taman di sekitar bangunan. Masjid ini merupakan salah satu contoh dari Sino-arsitektur Islam.

Masjid Shah Faisal, Pakistan


Adalah masjid nasional di Islamabad, Pakistan dan merupakan salah satu masjid terbesar di dunia yang mampu menampung jamaah sebanyak 300.000 orang. Masjid Shah-Faisal dibangun pada tahun 1975 oleh donator dari pemerintahan arab saudi, raja Faisal bin Abdul Aziz. 


Masjid Jami-Ul-Alfar, Kolombo, Sri Lanka


Adalah salah satu masjid tertua di kota Kolombo dan merupakan ikon pariwisata di ibu kota Srilangka. Ciri khas disain arsitektur Masjid ini adalah ornamen atau dekoratif dinding belang merah dan putih. Masjid ini berlokasi di perempatan jalan di daerah Pettah Bazaar, dibangun tahun 1909 dengan arsiteknya bernama Saibo Lebbe yang merancang bangunan ini selama satu tahun pada tahun 1908. Selain di kota Kolombo Sri Lanka, arsitektur masjid semacam ini juga terdapat di kota Kualalumpur Malaysia yang bernama Masjid Jamek.


Masjid Larabanga, Ghana


Masjid Larabanga merupakan masjid yang berada di Larabanga, Ghana dan juga termasuk masjid tertua di negara itu. Masjid larabanga diperkirakan dibangun pada tahun 1421.

Masjid Sangkore, Timbuktu


Masjid Al-Fateh, Bahrain


Masjid Bueno Aires, Argentina


Masjid Badshahi, Pakistan


Masjid Europa Point, Gibraltar


Masjid Omayyed, Syria


Masjid Missiri Frejus, Mali

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
One Piece Logo One Piece Logo Blacy Smiley - Exciting