Thursday, 16 February 2012

Ini Ceritaku Apa Ceritamu? Part.2


Permisi agan-agan, ane mau share tentang Kampus Ane nih. Tiga minggu lalu ane berkunjung ke kampus termegah se-Asia Tenggara (Universitas Andalas). Dan terinspirasi utk bikin cerita lagi setelah Ini Ceritaku Apa Ceritamu? bagian pertama mendulang sukses di pasaran (cihuy cuy, hahahahaaaa...). Oke gan, langsung aja kita ke tekape, cekidoooot....

Singkat cerita, Universitas Andalas  berdiri pada 23 Desember 1955, tetapi masih terbentuk dari beberapa akademi pendidikan dan masih terpisah wilayahnya. Seiring dengan bergulir nya waktu dan sejarah Indonesia, pada tanggal 11 Maret 1986 di mulailah pembangunan kampus Universitas Andalas di daerah Bukik Karamuntiang, Limau Manih, terletak di 15 km sebelah timur kota Padang. 

Kampus UNAND Limau Manih memiliki luas sekitar 500 Hektar dan berada pada ketinggian kurang lebih 100 meter di atas permukaan laut. Kampus Unand menghadap ke arah Samudera Hindia, kondisi alamnya asri dan indah. Dengan panorama yang menarik, kampus Unand menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar para Mahasiswa. Yang mengejutkan Unand memiliki lokasi seluas 500 hektare di Limau Manih, kampus Jati 10.073 m2, dan kampus Fakultas Kedokteran 28.000 m2. Jd luas keseluruhan Unand 502 hektar. Sedangkan universitas Indonesia mempunyai luas 320 hektar dan Institut Teknologi Bandung dengan luas 34 hektar. 

Kalo gk percaya, silahkan agan ukur sendiri disini...
Jreng jreng...

Ini kampus ane gan. 502 hektar itu kalau diitung itung kira2 = 5.002.000 meter persegi (scr ane anak matematika GTL).

Kira2 waktu poto ne diambil ane berada di titik mana ya...?? Ternyata manusia ntu memang kecil dan teramat kecil dibanding dengan ciptaan Allah SWT. Ini baru di Limau Manih, seberapa besar titik ane kalo dilihat dari peta kota Padang? peta Sumbar? peta Indonesia? peta Asia? peta Dunia? Wuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... Get Out..!

Kapan2 ane pikirin jawabannya. Sekarang ane mau jalan2 dulu ke kampus termegah se-Asia Tenggara ini. Langsung aja cekidoooooot....

Pertama2 marilah kita ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT karena atas izin, rahmat dan karunian-Nya lah ane dapat menginjakkan kaki di sini lagi...
Halte bus kampus..

antri dulu gan

Naik bus kampus dulu di halte Pasa Baru kalo mau ke Limau Manih. Kurang lebih ada sekitar 35 bus kampus Unand lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangan masing2. Kalo agan mau pilih2 mau naik yg mana, silahkan aje...
Dipilih dipilih...






Segini aja putunya, ntar postingan ane malah penuh ama bus kampus, gedung2nya malah gk kelihatan...

Sepanjang perjalanan, akan ada halte2 dimana mahasiswa boleh turun dan naik disini. Kurang lebih ada 6 halte yang harus dilalui (kalo gk salah: sendik, jamsek, kapalo koto, muko kost ji sung, sbalun jembatan, dakek gerbang) sebelum akhirnya ketemu ama yang ini, Gerbang Kampus Universitas Andalas...

Lebih dekat lagi...

Pintu gerbang nya nih gan.

Setelah kurang lebih 300 meter agan akan menemui gedung ini...


Gedung PKM gan, gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa. Semua kantor sekretariat organisasi mahasiswa ada disini. Ada BEM KM, UKO, Genta Andalas, KSR, Menwa, Pramuka, Mapala, Kopma, UKS, Pandekar, Telemetri, Rabbani, deelel. Juga ada Bank BRI, Bank Nagari, Bank BNI, kantor PR III, ruang seminar, ATM, masih banyak lagi. Pokoke semua mahasiswa Unand pasti rame berkunjung ke gedung ne...

Jalan2 ke belakang PKM, kira2 ada apa ya???
Jreng jreng...


Asrama mahasiswa Unand, Kurang jelas??? Mari kita liat lebih dekat...




Dan ini gedung yang sangat2 dibutuhkan mahasiswa, terutama bagi yang tinggal di asrama...


Gedung apaan ne...??? Liat di kiri kanan nya gan... Gk keliatan?
Liat disini gan...


Ini namanya kantin asrama. Dulu waktu zaman ane, ini namanya barak. Lantai duanya ada rental komputer & warnet, mini market, toko jual laptop, toko jual aksesoris Unand (mulai dari baju, pin, gantungan kunci, plakat, spanduk, deelel), dan masih banyak lagi.

Kembali ke LEPTOP alias ke PKM tadi. Coba agan lirik2 ke samping PKM. Ada lapangan ini nih...


Kalo agan hoby basket atau tenis, mampir disini dulu yah... Ini salah satu fasilitas olahraga nya, menghadap ke arah laut. Di samping lapangan ini ada sarana buat agan2 yang hobi manjat2 (langsung aja cek ndiri ke tekape). Di kanan gambar keliatan asrama pertama unand. Dulu waktu zaman ane kuliah asrama ni diberi nama RPX (tau dah sekarang...). Sedikit cerita, dulu ntu ada salah satu mahasiswi penghuni asrama ni yang meninggal krn ketabrak bus kota. 

Oke gan, kita lanjutkan perjalanan yang panjang dan melelahkan ini dengan penuh semangad perjuangan...


Apa yang ada di ujung jalan..?? Keliatan gk...??


Tau gk itu apaan...???
Liat lebih jelas dari sini...

Kebanyakan orang nyebutnya bundaran rektorat. Masih banyak bundaran di Unand, tapi ini yang paling bagus menurut ane.

Kalo terus naik ke atas, agan akan ketemu sama markas Go Go Power Ranger. Gk percaya..!? Liat deh...
Markas Power Ranger...

 Ini gedung Rektorat Unand, kebanyakan orang bilang kalo gedung ini mirip gedung Power Ranger. Kate pak rektor, mahasiswa kalo mau bertamu lewat pintu belakang ya...


Ini bagian belakang gedung rektorat. Segala urusan mahasiswa seperti kartu mahasiswa, beasiswa, daftar ulang, keuangan, daftar wisuda, deelel diurus di BAAK dan musti lewat pintu belakang rektorat. Kalo lewat pintu depan ntar ketemunya ama pak satpam yang bakal nanya ini itu (silakan pilih mau lewat mana).

Disini nih markasnya pak satpam, tepat disebelah rektorat...


Celingak celinguk ke arah depan gedung ini, maka agan2 sekalian akan liat gedung Auditorium Unand.



Gedung serba guna yang bisa menampung lebih dari 3000 orang. Tempat gw di ospek sekaligus tempat gw di wisuda. Coba deh agan liat Audit dari belakang.
Liat audit dari belakang...

Keren ya gan. Kite musti lanjut gan... Itu baru bagian sampul depan Unand. Sekarang kita lanjutkan perjalanan menuju halaman selanjutnya. Liat fakultas2 dan gedung2 kuliah serta gedung2 lain sepanjang perjalanan ini. Oke gan...


Kalo lewat jalan ini, fakultas pertama yang agan temui adalah...
Fakultas Ekonomi...

Lanjut lagi, kita akan nemu gedung...
Fakultas Peternakan...

Jalan teruuuusss... ketemu ama halte pertanian. Stop, dan liat gedungnya...
Fakultas Pertanian...

Jalan lagi, sebelum lewat tikungan dasyat, agan dipersilahkan main futsal dulu disini
Stadion futsal..

Pak, ane turun disini pak....


Oke gan, ane kuliah dulu ya, gw kuliah disini nih...
Fakultas MIPA...

Tapi biasanya gw lewat jalan ini kalo mau kuliah. Biasa, anak MIPA kuliahnya di gedung C...


Ini dia gedung kuliah ane...
Gedung C...


Ini mah Labor Dasar. Tapi kalo putunya agak lebar kekiri dikit, agan2 akan liat Gedung C (liat langsung ke TeKaPe aja ya gan).

Jalan terus gan, pantang mundur...


Yang ane suka di Labdas adalah makan nasi dadar Rp.6000 (zaman ane muda). Tapi bukan itu yang mau dibahas sekarang. Liat gedung disebelah labdas yuks...
Gedung B...

Di depannya, agan akan liat gedung ini...
Fakultas Teknologi Pertanian...

Dari kejauhan agan akan liat gedung Go Go Power Ranger part.2. Cekidoooot...
Gedung Power Ranger II..


Ini gedung Perpustakaan Pusat Unand, ada 5 lantai. Ini tempat vaforit buat mojok (mojok untuk diskusi kelompok donk gan).

Belum capekkan, kita lanjut lagi ke gedung disebelahnya...
Gedung A..

Uups, kalo lanjut terus kita bakal nemu Audit dari belakang. Mundur dulu ya gan, ampe Gedung C tadi... Dari sini kita naik bus sampe nemu gedung yang satu ne...
Gedung G...

Didepannya berdiri fakultasnya kaum adam. Kalo yang belum punya cowok, silahkan singgah disini (dipilih dipilih)...
Fakultas Teknik...

Didepan langsung belok kanan, dan nemu gedung kuliah bersama lagi.
Gedung D...

Jalan trussss... menuju gedung kuliahnya mahasiswa S2. Eits, jangan dibiasakan bertamu lewat pintu belakang.

Lewatlah dari pintu depan biar agan sekalian terkagum-kagum ama ni gedung..... (salut ama arsiteknya)
Pasca Sarjana lewat depan...

Lanjut ke gedung dimana anak2 Hukum, Sastra, ama Fisip yg sering Kuliah (ane paling males kul disini nih).
Gedung F...

Lanjuuuut....
Gedung E...

Next...
Fakultas Sastra...


Kabar2nya, udah ganti nama, bukan fakultas sastra lagi. Kalo gk salah Fakultas Ilmu Budaya (tul gk??)

Capek ane gan...
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik...

Selanjutnya ada gedung...
Fakultas Hukum...

Didepannya ada lapangan bola guede bgt. Awas kena bola gan! ... Tp kita musti lanjut krn tujuan kita liat2 gedung, bukan liat org main bola, oke...
Pusat Bahasa...

Kebelakang bentar, maka agan bakal nemu anak2 kedokteran, tp gedungnya masih dalam pembagunan. Ini gedung yang udah digunakan.
Gedung Psikologi...

Berhubung Adzan Maghrib telah berkumandang, marilah kite singgah disini dulu untuk menunaikan ibadah shalat Maghrib. Oke gan...!

Mesjid Nurul Ilmi (ini ane foto waktu belum di renov)


Liat yang udah renov...


Keliatan gk..??? hahahahahahaaa... liat langsung ke tekape aja dah gan..

Dan akhirnya kita kembali ke LAPTOP....
Alias kembali lagi kesini nih...

Wuaaaaaa.... capek ane gan, kita istirahat di sini dulu yah :toast. Di atas rektorat ne adalah tempat paling mantap buat ngilangin stresss.... Liat pemandangan di sanjo hari...


Agan bisa liat sunset dari sini nih.... (keren ya gan, kangen ane...). Liat dah ampe tenggelam...
Kota Padang dari Rektorat Unand...


Ane kagak mau pulaaaaaaaang... makin malam makin INDAAAaaaaahhhhhhh.....


:matabelo :2thumbup  :selamat   :peluk 
(mantaf dah kampus ane, udah percaya kan kenapa Unand bisa jadi kampus termegah se-Asia tenggara...).

Maap gan, sebenarnya masih ada gedung2 yang belum ane liatin fotonya karena kagak kejepret. Ada gedung D3 Ekonomi, Convention Hall, Fakultas Farmasi, Politeknik, dan gedung2 yang sedang dalam pembangunan. Bagi agan2 yang punya lengkap, mohon di share ama ane ya, makasi banyak gan .

Bonus dari agan2 di kaskus...
cekidoooot...
Landasan evakuasi helikopter

Menuju lantai 4 perpus pusat

Fakultas2 difoto dari lantai 4 perpus pusat

Kampanye calon presiden BEM KM Unand periode 10/11 di koridor MIPA (ane pilih no.4, hehe)


MATAAAAAAAAAAAPPPP.....

Btw, udah ngantuk ni gan, ane pulang dulu yah. Dan Inilah Ceritaku, Apa Ceritamu? Part.2 ______________bersambung


Sumber: agan anak FISIP & agan anak Teknik & Mbah Google & Lee_Shut Colection

16 comments:

  1. Rindu kuliah, malala, foto2 di kampus liak...
    wuaaaaaahahahahahaaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. taibo hati...
      ingek maso kuliah (alhamdllh msh bs bhs minang ^^)

      Delete
    2. hahahahaaaaa......
      pulang kampuang lah uda,paubek hati tu...

      Delete
  2. just keep on loughing...
    nice share...

    ReplyDelete
  3. jadi tertarik ni buat kuliah di UNAND..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe....
      kuliah di UNAND aja...
      dijamin seruuuuu.... ;D

      Delete
    2. sblmnya keren blognya ..mau tanya konsep perancangan dr kampus unand ini apa ya?...

      Delete
    3. makasi....^_^

      konsep bangunan UNAND ini klo g salah dirancang sesuai dengan konsep rumag gadang di Minag Kabau...

      Delete
  4. ralat....bukan gedung psikologi tapi gedung program studi ilmu keperawatan gan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooooo iyaya...
      maaf dech gan,maklum banyak yg baru di UNAND skrg....hehe

      thanks ralatnya,ntar ane perbaiki...

      Delete
  5. WAH... JADI INGET MASA KULIAH DULU. KERENNNNNNNN

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi gan udah berkunjung... ;)

      Delete
  6. Dahlia permata Dewi5 December 2012 at 21:58

    unANd emg keren uiii... <3

    ReplyDelete
  7. Duhh gan mantap bgt�� tp sayang ada foto yg ga bisa ke buka gan ��

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
One Piece Logo One Piece Logo Blacy Smiley - Exciting